Kamis, 21 Februari 2013

Jarak Tanam Sengon

Jarak tanam sengon itu sebenarnya terserah kita, entah mau 4x4 m, 3x3 m, 2x3 m. 2x2 m, atau bahkan 1x1 m. Kemudian jarak tanam pohon sengon yang ideal bagaimana?

Jawabannya adalah "tergantung output yang kita harapkan".

  1. Jika output yang kita inginkan untuk kayu bakar, pulp, chip atau masuk ke industri dengan kriteria "kayu rijek" maka bisa menggunakan jarak tanam 2x2 m atau bahkan lebih dekat dari itu. Masa panen untuk model ini pun tidak perlu nunggu 5 atau 6 tahun, cukup 3 tahun saja. Diameter kayu di bawah 10 cm.
  2. Jika output yang kita harapkan untuk "standar industri kayu lapis", "ubin kayu", "pallet", "sawn timber", maka silakan gunakan jarak tanam minimal 3x3 m. Masa panen pun minimal 5 atau 6 tahun. Diameter yang diharapkan model ini mulai diameter 19 cm sampai dengan 40 cm.
  3. Jika kita mengharapkan output untuk "kayu bangunan yang kuat dan bagus" jarak tanam sejauh-jauhnya, minimal 4x4 m. Masa panen untuk model ini di atas 7 tahun.
Rata-rata orang menanam kayu tujuannya untuk dijual ke industri nomor 2 di atas, karena dengan mengejar pasar industri nomor 2 di atas kita tidak perlu pusing menjualnya, pasarnya lebih luas. Hampir semua pabrik di Indonesia membutuhkan kayu secara rutin, bahkan ada beberapa pabrik yang sering tidak dapat memenuhi kebutuhan bahan baku kayu.

Jarak Tanam 3x3 atau 4x4 m adalah Paling Bijak
dengan catatan:
  1. jika anda mengejar pasar yang lebih umum / lebih luas
  2. jika anda tidak mau repot dengan model panen 2 kali atau lebih (penjarangan).
Dengan model tanam 3x3 m dalam 1 ha akan tertanam 1.100 pohon.


Jarak Tanam 2x3 m Juga Populer
dengan catatan;
  1. jika anda menghendaki pasar kayu bakar, chip dan pulp. atau...
  2. jika anda mengejar 2 pasar, dengan panen 2 kali. Panen pertama masuk ke chip, pulp. Panen terakhir masuk ke standar industri kayu yang lebih luas. Model ini seringkali dikenal sebagai sistem penjarangan. Tentunya 2 pasar ini pun akan berhubungan dengan harga kayu sengon yang berbeda-beda di masing-masing pasarnya.
Tulisan tentang jarak tanam sengon di atas hanya pendapat pribadi saya, tanpa dilakukan research / penelitian yang mendalam. Hanya melihat kondisi lapangan yang ada di depan mata saya.

22 komentar:

  1. sip semoga membantu betul artikel ini

    BalasHapus
  2. Sangat membantu visi tanam, mksh

    BalasHapus
  3. Harga jual kayu sangon per ukuran output tsb dilapangan berapa kira2...tks

    BalasHapus
  4. klo sistim penjarangan dan industri jarak nya berapa m..dan masa min panen brapa th untk pnjrngan dan selanjutnya yg masuk induatri??thxz

    BalasHapus
  5. pasti bermanfaat sob
    makasih dn smg sukses

    BalasHapus
  6. pasti bermanfaat sob
    makasih dn smg sukses

    BalasHapus
  7. bagus artikelnya. bisa memberi wawasan buat para petani. yg butuh bibit sengon wilayah jogja dan sekitarnya bisa hub kami 081225091113

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas artikel nya

    BalasHapus
  9. Trimakasih artikelnya ciamik

    BalasHapus
  10. Sama sya jga tanam 3x3m dan skrg sdh umur 4thn dgn lingkaran rata2 40cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lingkaran 40 kira kira diameter berapa bos?

      Hapus